beritaGo.com
 
 
   
 
 
Tutup Iklan
ads
 

Pati Jadi Pilot Project Kartu Tani

Pati Jadi Pilot Project Kartu Tani

 
ratna ayu
2016-06-18 09:55:28
ratna ayu Pelayanan Publik 0 479
 
 
Pati Jadi Pilot Project Kartu Tani

Pati Jadi Pilot Project Kartu Tani

 

Berita Sosial dan Agama Pilihan

 
 
 
 
 

Kekompakan petugas penyuluh pertanian (PPL) desa dan kecamatan Kabupaten Pati menjadikan Kabupaten Pati sebagai pilot project upload data kartu tani se-Jawa Tengah, Rabu (8/6). Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Pati, Mochtar Effendi memaparkan saat ini ada sebanyak 1800-an kelompok tani dari 392 desa di Kabupaten Pati yang datanya sudah diunggah (upload) untuk kebutuhan pencetakan kartu tani yang bekerja sama dengan BRI Kanwil Semarang. “Memang tidak semua desa masuk karena ada beberapa desa yang memang tidak memiliki lahan pertanian. Dari Bakorluh Provinsi Jateng sudah menerangkan bahwa Kabupaten Pati adalah kabupaten pertama yang melakukan upload data untuk kartu tani hari ini,” paparnya 

Pelaksana Operasional Sekretariat Badan Koordinasi Penyuluhan (SET Bakorluh) Provinsi Jawa Tengah, Dani Harun memaparkan dari 21 kabupaten/ kota (15 kabupaten dan 6 kota) se-Jawa Tengah, Kabupaten Pati termasuk kabupaten yang paling sigap dan cepat secara administrasi. “Kerja sama tim PPL kecamatan dan desa di Kabupaten Pati terhitung bagus. Makanya, kami bersama dengan Kanwil BRI Semarang sepakat dan optimis menjadi Kabupaten Pati sebagai Pilot Project kartu tani ini,” terangnya.

Program kartu tani ini ditargetkan mempermudah petani mendapatkan alokasi dalam bentuk subsidi utamanya pupuk bersubsidi dengan ketentuan tanaman pangan tanpa batasan hektar dan tanaman non pangan (perkebunan, holtikulturan, dan tanaman pangan di bawah tanaman tegakan) dibatasi maksimal 2 hektar, serta perikanan maksimal 1 hektar. “Dengan adanya kartu tani ini sesuai dengan cita-cita Permentan No. 60 tanggah 3 Desember 2015 adalah mempermudah petani dalam mendapatkan pupuk bersubsidi sesuai dengan kebutuhan,” jelasnya.

Tak hanya itu, para petani yang memiliki kartu tani ini akan mendapatkan kemudahan terkait bantuan pertanian dan kartu tani tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membayar listrik, membeli pulsa, hingga trasnfer uang seperti ATM pada umumnya. “Program kartu ini bebas biaya. Petani tidak akan dikenai biaya sepeser pun untuk pembuatan kartu. Semua sudah difasilitasi,” tegasnya.

Namun, ada beberapa persyaratan data yang harus dipenuhi yakni petani harus memiliki SPPT (surat pajak tahunan) untuk lahan pertaniannya, memiliki NIK E-KTP, dan tergabung dalam kelompok tani. “Untuk para petani yang belum tergabung dalam kelompok tani atau belum memiliki NIK maupun SPPT segera mengurus agar bisa terdata dan mendapatkan kartu tani,” himbaunya.

Target dari SET Bakorluh Jateng adalah per akhir Juni atau paling lambat awal Juli 2016 sudah ada upload data peserta kartu tani dari seluruh Jateng untuk tahap pertama. “Sehingga, kartu tani bisa segera dicetak dan tahun 2017 sudah siap digunakan. Target pembangunan pemerintah dengan basis pertanian di desa bisa diukur dan terus ditingkat dengan data jumlah petani, jumlah lahan, dan kebutuhan pertanian yang sudah terukur secara valid dan reliabel dari data kartu tani tersebut,” jelasnya. 

 
 
 

Promoted Stories

Lainnya

 
 

Komentar Sedulur

   Belum ada komentar dari sedulur beritaGo.

  Tulis Komentar

   Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
 

Komentar Facebook

   
image

beritago.com merupakan portal berita dan informasi yang mengusung konsep "social media journalism", yakni dimana masyarakat dapat ikut menjadi kontributor informasi serta menggunakan portal beritaGo.com dengan bertanggungjawab dan sesuai dengan ketentuan penggunaan yang telah ditetapkan,

Informasi dan Kerjasama

  •   contact@beritaGo.com
  •  08123456789 / 024-123456
  •  indiego inti corpora ltd
   
 
 
Copyright 2016 beritaGo by indiego inti corpora. Social Media Journalism and Social Broadcasting System. All Rights Reserved.

Local Straight News , Aggreggate Content dan Social Media Journalism oleh beritaGo.com
Copyright 2014-2016 All Rights Reserved. beritaGo.com is a registered trademark of indiego inti corpora
Jawa Tengah, Indonesia.

Tutup Iklan